10 Cara Atasi CPU Usage 100% di PC dan Laptop Agar Tidak Lemot

Cara atasi CPU usage 100% – Penggunaan CPU atau prosesor yang mengalami usage 100% tentu membuat sebagian user kesal. Apalagi jika kalian tidak paham bagian mana yang jadi letak kesalahannya. Meraba-raba dengan settingan yang kalian utak-atik sendiri bukan jadi solusi tepat.

CPU usage 100% ini biasa bisa kalian temukan lewat task Manager. Ciri-cirinya adalah membuat komputer terasa lemot dan tidak merespon apapun. Oleh karena itu ada berbagai cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hal menyebalkan ini.

Cara Mengatasi CPU Usage 100% di PC dan Laptop

Mengapa CPU usage selalu 100%? Ada berbagai sumber masalah yang bisa jadikan penggunaan CPU setinggi itu. Kebanyakan hal ini menimpa PC atau laptop lama yang memang sudah banyak penyakitnya. Namun kadang bisa juga menimpa laptop atau PC yang baru kalian beli. Kemungkinan besar hal ini adalah masalah software yang sebenarnya gampang diatasi, dengan catatan kalian paham sedikit soal sistem operasi Windows.

Berikut ada berbagai cara mengatasi CPU usage naik turun dan membuat PC atau laptop kalian menjadi lemot. Apa saja solusinya, mari kita bahas sekarang, brott.

1. Restart PC

Solusi pertama yang bisa kalian coba adalah dengan melakukan restart pada PC atau laptop kalian. Terdengar gampang namun kadang banyak yang tidak mengerti perbedaan restart dan shutdown. Pengguna awam sering menyangka jika shutdown itu sama saja dengan restart. Padahal restart-lah yang sebenarnya memperbaiki bug dan error yang ada di komputer kalian.

Sedangkan jika shutdown, komputer hanya menghentikan sementara kinerja dan tidak merefresh ulang sistem operasinya. Jadi akumulasi error yang ada di sesi sebelumnya masih tersisa. Saran kami adalah sering-sering lakukan restart untuk mengurangi error seperti CPU usage tadi.

2. Matikan Program yang Berjalan di Startup

Terlalu banyak software atau program yang berjalan di startup juga bisa picu masalah CPU usage. Dengan banyaknya program tersebut, CPU jadi bekerja keras untuk menjalankan pekerjaan di background. Ada baiknya segera disable program yang dirasa tidak perlu untuk mengurangi beban kerja prosesor.

3. Uninstall Aplikasi Tidak Penting

Kalau dirasa program dan aplikasi tidak sering kalian gunakan atau tidak pernah digunakan sama sekali, sebaiknya kalian langsung uninstall saja untuk kurangi beban kerja sistem. Selain dapat hemat storage, resource dari sistem juga bisa lebih dialokasikan ke aplikasi yang memang akan kalian butuhkan.

4. Istirahatkan Komputer atau Laptop

Hindari memaksa laptop atau komputer berjalan non-stop tanpa henti. Apalagi jika kalian sering menggunakannya untuk pekerjaan berat. Sering-sering istirahatkan komputer kalian agar tidak terjadi error atau rusak yang tentu akan menambah biaya keluar lagi. 

5. Hilangkan Bloatware pada Windows

Pengguna Windows 10 atau 11 pasti pernah merasakan banyak software yang terinstall dari bawaan. Kalau dibiarkan akan menyebabkan kinerja PC dan laptop mengalami lemot. Cara yang paling tepat adalah uninstall langsung aplikasi tersebut dari menu start dan cari beragam aplikasi yang dirasa tidak perlu. Dengan begitu komputer kalian akan jadi lebih enteng dan kemungkinan untuk CPU alami 100% usage jadi lebih kecil.

6. Matikan Cortana

Cortana adalah asisten pribadi yang dihadirkan oleh Microsoft di Windows 10. Meski begitu nyatanya jarang sekali pengguna yang memakai fitur ini dan berujung sia-sia saja. Ada baiknya kalian langsung hapus saja Cortana jika dirasa memang tidak perlu. Caranya adalah dengan masuk ke task manager, pilih tab startup, pilih Cortana lalu tekan disable.

Selanjutnya kalian bisa beralih ke menu start, cari cortana pada pencarian all apps, lalu pilih more, kemudian App settings, lalu matikan ceklist runs at log-in.

7. Scan Malware

Malware juga bisa jadi alasan mengapa CPU kalian selalu 100% usage. Soal bagaimana mengatasinya sudah pernah kami ulik di artikel yang ini. Tapi intinya memang malware bisa membuat sistem jadi tidak responsif. Salah satu caranya adalah dengan memakan resource CPU hingga 100%.

8. Matikan Background App

Background app dari Windows juga berpengaruh terhadap CPU usage. Cara mematikan app di background seperti kalkulator tentu tidak perlu berjalan terus-menerus di background. Berikut adalah cara mengaksesnya. Pertama-tama tekan tombol start lalu tekan tombol gear atau setting. Pilih tab privacy di sebelah kiri lalu cari background apps. Matikan aplikasi yang dirasa tidak perlu berjalan dibalik layar.

9. Update Driver

Update driver juga bisa jadi solusi untuk atasi CPU usage tinggi. Karena kinerja sebuah komputer itu tidak hanya bergantung pada hardware saja dan butuh driver agar bisa bekerja dengan normal. Jadi selalu cek apakah ada driver yang bikin usage tinggi pada CPU atau adakah kalian menginstall driver baru belakangan ini.

10. Power Options

Power options juga turut pengaruhi apakah performa laptop atau PC kalian bisa berjalan sesuai kondisi prima. Kalian bisa atur power option ke High performance dengan cara ini. Pertama masuk ke control panel, lalu pilih system and security. Pilih power options yang biasanya bergambar baterai hijau. Pada bagian plan, pilih high performance untuk dapatkan performa prima dari komponen kalian.

Bonus: Install Ulang Windows

Jika semua cara diatas sudah kalian lakukan dan tidak ada solusinya. Mungkin yang perlu kalian lakukan adalah menginstall ulang Windows kalian. Cara ini merupakan cara pamungkas yang bisa kalian lakukan. Namun perlu diperhatikan untuk backup dulu data yang ada di komputer karena install ulang akan berujung penghapusan segala data di disk C.

Jadi itulah beberapa cara mengatasi CPU 100% yang mungkin bisa kalian aplikasikan. Apakah informasi ini membantu, brott?

Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author.

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Goldenudeofficial. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.